Pages

12.09.2012

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bab 1 : PENGENALAN INTERNET

Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

Sejarah Internet

 
Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tdrsebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.
Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Berkutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
 
Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.
Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, email/messaging, maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) raat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun demikian, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.

Tersambung ke Internet

Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP (Internet Service Provider). Media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol). Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapi dengan modem (modultor and demodulator) untuk melakukan dialup ke server milik ISP. Begitu tersambung ke server ISP, lalu komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.
Saluran telepon via modem bukan satu-satunya cara untuk tersambung ke layanan internet. Sambungan juga dapat dilakukan melalui saluran dedicated line seperti ISDN (Integrated System Digital Network) dan ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Sayangnya, alternatif-alterantif ini terhitung cukup mahal untuk ukuran pelanggan perorangan.
Belakangan, internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler. Untuk ini digunakan protokol WAP (Wireless Aplication Protocol). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) yang berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.
Selain WAP, juga dikembangkan GPRS (General Packet Radio Service) sebagai salah satu standar komunikasi wireless. Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

A. Web Browser
1. Pengenalan Browser
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses lay`nan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.
2. Tampilan Internet Explorer dan Fungsi Tools-nya
Menu bar
Title bar : mencantumkan nama dari situs yang dibrowsing
Tool bar :
back – kembali ke halaman sebelumnya forward – menuju ke halaman berikutnya stop – membatalkan browsingrefresh – mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang samahome – kembali ke tampilan pertama
Isi website / halaman
Address bar
Scrollling bar
Status bar : mencantumkan status dan nama dari link
3. Surfing / Browsing
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhhtungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.
4. Langkah-Langkah dalam Browsing
1. Klik double pada icon Internet Explorer.
2. Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim 2
Kuliah Umum IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
3. Ketikkan nama situs tersebut (www.eramuslim.com) pada kolom address.
4. Tekan 'enter'.
5. Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar. (tampilannya akan seperti di bawah ini)
6. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window. Atau dengan Menekan tombol Ctrl+N
7. Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files
5. Menyimpan Web Pages:
Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara :
1. Simpan ke hard disk dengan meng-klik
► FILE
► Save As, dan pilih folder untuk penyimpanan
► Save dan anda bisa membukanya kembali dirumah/rental sesuai dengan aslinya dengan penuh gambar ( formatnya ber-ekstensi *.html)
2. Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil teksnya saja dengan cara :
► High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word
3. Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tsb anda dapat melakukan :
► Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik View Source
► Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan :
► File , Save, Pada file name, ganti extension file txt dengan htm
B. INTRANET
Selain Internet, ada juga yang nama nya Intranet. Intranet adalah jaringan sistem informasi suatu perusahaan atau organisasi di mana prinsip kerjanya sama dengan internet, tetapi hanya dalam 1 lokal saja.

Keuntungan Intranet, antara lain :
  • Prokdutivitas kerja
  • Efisiensi waktu
  • Komunikasi
  • Publikasi Web, dll.

C. WEB SITE atau SITUS
Situs adalah kumpulan halaman–halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat status maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing–masing dihubungkan dengan link–link.

Unsur-unsur Web site atau Situs :
  • Domain Name atau disebut nama domain
  • Hosting
  • Scripts / bahasa program
  • Design Web
  • Publikasi


1. Domain Name :
Domain Name adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Atau Domain Name juga dapat diartikan sebagai alamat yang digunakan untuk menemukan situs pada dunia internet. Istilah umum yang digunakan adalah URL, contoh http://www.octa_haris.tripod.com .

A. Generic Domains (gTLDS).

.com
Untuk kebutuhan commercial.
.edu
Untuk kebutuhan dunia pendidikan.
.gov
Untuk pemerintahan (government).
.mil
Untuk kebutuhan angkatan bersenjata.
.org
Untuk organisasi / lembaga non profit.












B. Country – Specific Domains (ccTLDS).
.co.id
Untuk badan usaha.
.ac.id
Untuk lembaga pendidikan.
.go.id
Untuk lembaga pemerintahan Republik Indonesia.
.mil.id
Untuk lembaga militer Republik Indonesia.
.or.id
Untuk segala macam organisasi.
.wer.net.id
Untuk industri warnet Indonesia.
.sch.id
Untuk lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan SD,SMP,SMU.
.web.id
Ditujukan bagi badan usaha , organisasi ataupun perseorangan.

 
  2. Hosting :
Hosting adalah ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan data, file-file, gambar, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besar data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai. Besar hosthng ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte).

3. Scripts/bahasa program :
Scripts adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya situs. Jenis scripts yang banyak di pakai HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java Applets, dsb. Scripts digunakan untuk membangun portal berita, artikel, dll.
 
4. Design Web :
Setelah penyewaan, unsur situs yang paling penting adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Jasa web designer umumnya perlu biaya yang tertinggi dari seluruh biaya situs lainya.

5. Publikasi :
Untuk mengenalkan situs pada masyarakat, memerlukan publikasi atau promosi. Publikasi dilakukan dengan berbagai cara seperti, pamlet, selebaran baliho, dll. Tetapi cara yang biasanya dilakukan adalah publikasi melalui internet.

D. APLIKASI INTERNET  
1. Word Wide Web (WWW) :
Server ini menyediakan berbagai informasi untuk semua orang, mulai dari games, social, ekonomi, politik, kebidayaan, dll.
http:// adalah protocol (bahasa komunikasi) yang digunakan .
www adalah server yang menyediakan informasi .
.com adalah jenis domain dari perusahaan Microsoft tersebut .

2. E-mail (Elektronik Mail) :
Dengan email kita bisa mengirim atau menerima surat dari mana pun, dalam waktu yang singkat dan tanpa biaya. Sebelum menerima atau mengirim email, kita harus punya email account terlebih dahulu.
Kita bisa mendapat keanggotaan email secara gratis ke berbagai perusahaan yang menyediakan jasa email.
Contoh email gratis : yahoo, malicity, eudoramail, hotmail, bimamail, dll.
  Contoh email address : faisalvisual@yahoo.com
Faisalvisual adalah nama user .
@ artinya terdapat “di” .
Yahoo.com adalah perusahaan yang menyediakan email .

3. FTP (File Transfer Protocol) :
Server ini menyediakan berbagai file yang dapat kita ambil secara gratis. Dengan server ini kita dapat mengambil file-file film, video, games, dll, dari internet secara gratis.
ftp:// adalah protocol yang digunakan untuk menstransfer file .
ftp adalah server dimana informasi / file tersebut berada .
ibm adalah perusahaan yang menyediakan informasi .
com adalah domain (jenis dari perusahaan Microsoft) .

4. Ghopper :
Fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol ghopper .

5. Telnet (computer jarak jauh) :
Digunakan untuk mengakses suatu computer yang terhubung ke internet dari jarak jauh . Untuk menggunakan telnet kita harus tahu password yang digunakan computer yang akan kita buka .
  Contoh penulisan telnet : telnet://cybernet.co.id.lab6 .
  telnet adalah protocol yang digunakan .
  cybernet.co.id adalah jaringan tempat berada berada computer yang akan kita  buka .
  lab6 adalah computer yang akan dibuka dari jarak jauh .
 
 6. Chatting (obrolan via internet) :
  Chatting digunakan untuk ngobrol-ngobrol antar pemakai internet, yang saat itu konek ke internet. Program yang biasa digunakan untuk chatting adalah mIRC, yahoo messenger, MSN, dll.

Bab 2 : PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET
Perangkat Keras Utama
1. Komputer

Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :
    - Processor Pentium III 500 Mhz
    - Ram 64 MB
    - VGA Card 4 MB
    - Sound Card dan Speaker
    - CD ROM
    - Harddisk 10 GB
    - Monitor CRT SVGA

2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :

A. Berdasarkan letak di CPU Komputer
 1. Modem eksternal

         Modem yang ditempatkan di luar perangk`t utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.
  




2. Modem internal.

         Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.




 B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP
     1. Modem wireline atau wired adalah
         Modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP
     2. Modem wireless adalah
         Modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP

C. Berdasarkan ISP yang digunakan
     1. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
     2. Modem DSL (Digital Subscriber Line)
     3. Modem CDMA (Code division multiple access)
     4. Modem GSM (Global System for Mobile Communication)
     5. Modem Dial Up

3. Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

Perangkat Keras Pendukung
Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:

1. Hub / Switch

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.



Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

2. Repeater

Repeater adalah Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .




3. Bridge
Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

4. Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan dat`-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang dhgunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.

Lalu, kapan penggunaan bridge jaringan dilakukan dan kapan penggunakan router dilakukan? Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan dapat meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.

Sumber : http://www.umboh.net/2011/10/perangkat-keras-untuk-akses-internet.html#ixzz2EXBxqaJe
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] - Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike

Bab 3 : TEKNIK MENGAKSES INTERNET

A. MENGAKSES INTERNET
Dalam bab ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara-cara untuk
mengakses Internet. Metode akses Internet yang banyak dipakai di Indonesia
adalah:
■ Modem Telepon (dial-up)
■ WiFi HotSpot
■ Sambungan LAN. Sambungan di WARNET, termasuk kategori sambungan
menggunakan LAN.
Untuk mengakses Internet, pastikan media fisik komunikasi sudah
tersambung. Pada sambungan telepon dan LAN, kabel harus tersambung ke
tempatnya dengan benar. Pada sambungan WiFi HotSpot, kita harus terhubung
ke access point dari HotSpot.
Perlu di catat bahwa kita hanya dapat tersambung ke Interent jika sudah
terdaftar atau mendapatkan ijin dari penyelenggara jasa Internet. Biasanya
kita perlu melakukan salah satu dari hal di bawah ini,
Mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP).
Berkoordinasi dengan administrator jaringan di lab. Komputer di
sekolah, atau di warnet, atau di kantor.
Khusus untuk TelkomNet Instan, kita tidak perlu berkoordinasi dengan
Internet Service Provider (ISP) tapi dapat langsung menggunakan akses
berikut,
Nomor Telepon : 0809 8 9999
User name : telkomnet@instan
Password : telkom
Tarif : Rp 165,-/menit (termasuk pulsa telepon+
Internet)
Pada sambungan dial-up, kita harus mendial ke ISP. Pada kabel LAN,
kita harus memiliki alamat IP.

 B. INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan yang memberikan
jasa kepada masyarat untuk mengakses Internet. Sebagian ISP menggunakan
kabel telepon untuk memberikan akses Internet ke masyarakat. Pada hari ini,
terutama di daerah-daerah bertumbuhan perusahaan-perusahaan kecil ISP
yang memberikan akses menggunakan Wireless atau lebih sering di kenal
sebagai RT/RW-net dengan harga yang terjangkau dengan akses Internet yang
beroperasi 24 jam per hari.
Sebagian ISP akan memberikan e-mail gratis kepada pelanggannya
sehingga memungkinkan para pelanggan untuk mengirim/menerima e-mail
melalui server ISPnya. ISP juga kadang kala memberikan jasa untuk
menyimpan file dan halaman Web.
Langkah untuk berlangganan Internet menggunakan jasa ISP cukup
sederhana, yaitu,
■■ Meminta formulir untuk menjadi pelanggan.
■■ Isi formulir, biasanya perlu di lengkapi dengan foto copy KTP, copy tagihan
listrik atau tagihan air/PAM atau tagihan telepon untuk memastikan bahwa
Anda tinggal di situ.
■■ Mengembalikan formulir dan membayar biaya administrasi yang
dibutuhkan.
■■ ISP kemudian akan memberikan “username” dan “password” untuk
mengakses Internet melalui jaringan dial-up/HotSpotnya.
■■ ISP RT/RW-net biasanya akan menginstalasi peralatan akses RT/RW-net
seperti antenna wajanbolic e-goen.
Biaya akses Internet di Indonesia masih agak mahal tapi masih relatif
lebih murah di bandingkan dengan pulsa telepon selular. Rata-rata biaya akses
tidak terbatas beroperasi 24 jam masih sekitar Rp. 100-200.000,-/bulan. Di
beberapa RT/RW-net berani memberikan akses 24 jam dengan harga sangat
murah sampai Rp. 50.000,-/bulan. 

C. TEKNOLOGI INTERNET SERVICE PROVIDER
Dalam bahasa yang sederhana, sebetulnya sebuah Internet Service
Provider (ISP) berfungsi untuk menjual kembali sambungan yang dia beli dari
Internet di luar negeri ke pengguna Internet di Indonesia. Secara umum teknologi yang digunakan di sebuah Internet Service Provider (ISP) sebetulnya relatif sederhana, terdiri atas,
Sambungan ke Internet di luar negeri yang besar, biasanya sambungan
yang digunakan berkecepatan sangat tinggi. Beberapa ISP di Indonesia
mempunyai kecepatan sampai beberapa Giga bit per detik.
Sambungan Internet tersebut di sambungkan langsung pada router yang
besar. Router ini akan membagi dan mengatur komunikasi antara Internet
dengan pelanggan.
Biasanya di ISP di pasang beberapa Server, baik untuk Web, mail
maupun berbagai keperluan lainnya. Sebagian besar Server ISP dibangun
menggunakan sistem operasi Open Source.
Pelanggan akan tersambung ke ISP menggunakan berbagai teknologi
sambungan yang berkecepatan beberapa ratus Kbps atau Mbps dapat
menggunakan telepon, handphone, TV kabel atau Wireless Internet seperti
menggunakan Antenna Wajan.


# Klik link di bawah ini , jika kalian ingin mengetahui cara membuat antena wajan / wajan bolic :
http://www.youtube.com/watch?v=o3WQFuZsylA

ATAU ..

#Jika kalian ingin membuat blog gratis melalui www.blogger.com .. Kalian bisa lihat / klik video di link berikut ini :
http://www.youtube.com/watch?v=pc8gga06ZUc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar